Semua Bisa Bicara

Jumat, 04 Juni 2010

saya muslim tapi saya tidak setuju

jadi,
begini ceitanya,

belakangan ini semua orang dikejutkan oleh serangan tentara israel pada kapal yang mengangkut relawan untuk palestina.
seluruh dunia ikut mengecam kekejaman israel.

lalu,
tepatnya kemarin saya melihat berita yang disiarkan oleh salah satu stasiun televisi ternama di Indonesia.
dimana, disiaran itu ditayangkan sekelompok anak pesantren yang mengadakan doa bersama dan diberi judul "Doa Bersama Mengecam Israel"
saya bukan mengomentari doa bersama tersebut,
tiap orang berhak membenci dan mengecam siapa saja yang ia tidak suka.
namun,
yang membuat saya kaget adalah,
peserta doa bersama itu adalah anak-anak kecil yang tampaknya berusia dibawah 10 tahun.
ini yang membuat saya merasa tidak setuju.

sekejam apapun manusia, adalah tidak layak bagi orang dewasa untuk menanamkan kebencian pada anak kecil yang belum dapat membedakan benar dan salah.

saya membayangkan,
bila seorang anak yang bahkan belum berusia 10 tahun diajarkan untuk membenci tentara israel,
maka ia akan belajar membenci semua kaum yahudi.
bila ia membenci agama yahudi,
maka ia akan belajar membenci semua agama selain agamanya,
maka ia akan berfikir bahwa semua orang selain yang beragama sama sepertinya adalah orang jahat.
lalu,
ia akan tumbuh dewasa, dengan kebencian yang juga tumbuh dalam dirinya,
maka ia akan membuat bom dan melakukan jihad,
entah itu meledakkan gereja, entah itu, meledakkan kuil, entah itu meledakkan hotel, entah itu meledakkan objek wisata, apa saja yang tidak sesuai dengan persepsinya mengenai agama.

lalu apa bedanya dia dengan tentara israel yang memukuli para relawan?


well, that's just me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar