Semua Bisa Bicara

Selasa, 09 November 2010

pemburu

saya rasa, hampir semua orang pernah dengar cerita ini.
tentang seorang pemburu.

jadi begini ceritanya,
seorang pengembara hidup bersama istri dan anaknya,
hari itu adalah hari ulang tahun anaknya,
dan si pengembara berjanji,
"ayah akan membawakan daging rusa untuk makan malam kita hari ini"
si anak pun senang bukan kepalang.
daging rusa di hari ulang tahunnya.
(jangan tanya saya kenapa si anak bisa begitu senang dapat daging rusa, karena saya juga ga tau rasanya gimana)

lantas,
pergilah si pemburu itu kehutan untuk berburu rusa,
(tenang, si pemburu udah pamitan sama istrinya kok, cipika cipiki juga uda).
si pemburu menemukan tempat persembunyian diantara semak-semak,
disanalah ia diam,
menunggu datangnya rusa yang hendak merumput,
sambil mengacungkan panahnya yang siap menghunus kencang.

menunggu, dan menunggu,
tiba-tiba datang seekor kelinci yang hendak merumput (memang kelinci makan rumput?)
kelinci itu merupakan sasaran empuk buat si pemburu,
tapi sipemburu enggan melesatkan panahnya,
karena yang ia tunggu rusa.
bukan kelinci.
dan kelinci itu pun beranjak pergi setelah kenyang.

si pemburu kembali menuggu, dan menuggu.
hingga datanglah seekor kancil yang pasti hendak makan rumput.
tapi apa yang terjadi?
si pemburu tak jua memanah si kancil.
kenapa?
karena yang ia tunggu rusa.
bukan kancil.
maka sikancil yang tak tahu apa-apa itu pun beralih kepadang rumput lain.

si pemburu kembali menuggu buruannya.
lama ia menunggu, lama ia menunggu dan lama ia menunggu.
hingga ia tertidur.
(pemburu juga manusia yang bisa ngantuk)
kala ia tertidur,
datang seekor rusa yang berjalan pelan seolah mengendap,
rusa itu merumput,
dan si pemburu tetap tertidur lelap,
tak sadar dengan apa yang ia lewatkan ketika matanya terpejap.
hingga sang rusa yang ditunggu itu pun beranjak pergi menjauh.

ketika bangun,
si pemburu baru sadar,
malam telah datang.
si pemburu menangis,
malu,
dan takut akan kekecewaan anaknya yang masih menunggunya pulang berharap mendapatkan daging rusa di hari ulang tahunnya.



ketika, dulu mendengar kisah pemburu ini saya masih SD,
dan guru SD saya bilang, hikmah yang bisa dipetik adalah,
(jangan tertidur ketika memburu, BUKAN!)
harus bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan,
si pemburu begitu mengincar rusa, tapi alhasil tak satupun yang dapat ia bawa pulang.

pokonya, dulu, guru SD saya ribut sekali menceramahi saya tentang harus bersyukur atau apalah.
saya,
hanya berpikir,

si pemburu bersikekeuh mendapatkan daging rusa demi anaknya.
si pemburu tak serakah, ia melepaskan kelinci dan kancil yang jelas2 bisa ia bunuh.
si pemburu hanya menolak untuk menyerah.

ya tentu kita harus bersyukur dengan apa yang diberi Tuhan.
tapi,
apa artinya kita harus langsung menyerah ketika kita disuguhkan sesuatu yang lain?

saya tak mengerti bu guru..



well, that was just me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar