Semua Bisa Bicara

Minggu, 07 Maret 2010

ayam yang tidak bisa terbang

saya punya pertanyaan.

kenapa ayam (secara harfiah) tidak bisa terbang?

padahal ayam punya sayap.

lalu,

kenapa burung unta tidak bisa terbang?

padahal ia burung dan punya sayap.

beri saya jawaban yang masuk akal dan yang tidak ada sangkut pautnya dengan takdir.

saya jadi membayangkan,

apabila ada orang yang tingkat kekurangkerjaannya seakut saya membuat novel yang bercerita tentang seekor ayam yang tidak bisa terbang.

maka ceritanya akan seperti :

Di suatu peternakan, hiduplah seekor ayam, sebut saja namanya si jago.

Setiap pagi, setelah berkokok si jago termenung meratapi langit, membayangkan betapa menyenangkannya terbang diangkasa dan terbebas dari ancaman dipotong dan dijadikan makan malam manusia.

Si jago melihat merpati, bertanya pada merpati "bagaimana caranya kau bisa terbang, wahai merpati?". kemudian simerpati menjawab, "karena aku punya sayap,bego!"

si jago terbodoh, ia berpikir, "wait a minute (si jago ceritanya british) aku juga punya sayap! maka seharusnya aku juga bisa ngeFly, dong."

Si jago pun berusaha terbang seperti si merpati. Namun ia tak jua dapat terbang. Ia mencoba berlari di landasan pacu kemudian lepas landas, gagal. Ia mencoba terjun dari atap peternakan, gagal. Usaha apapun yang ia lakukan, ia terus gagal.

Waktu berganti waktu, si jago kehabisan cara untuk terbang. Ia sedih, ia terluka, ia terpuruk dalam kegagalan. Kemudian burung gereja berbisik padanya "cobalah memohon kepada Tuhan untuk membuatmu terbang, itu yang selalu dilakukan manusia". Si jago pun berdoa dan berdoa, memohon dan memohon pada Tuhan.

Penantian panjang si Jago tidak menelurkan hasil apapun, Tuhan manusia tak juga mengabulkan doanya. Dalam perihnya kegagalan, si Jago menatap langit dan membatin "aku punya sayap yang tak mampu membuatku terbang. Aku hanya punya satu permohonan yang takkan pernah terkabulakan, kurasa tak seharusnya aku dipanggil Si Jago".

Malam itu, Si Jago menjadi hidangan makan malam.

atau mungkin cerita tentang burung unta?

burung unta yang tidak bisa terbang karena dikatakan bahwa berat badannya terlalu besar dan mati mengenaskan karena diet berlebihan. semua karena burung unta ingin terbang seperti burung-burung bersayap lainnya.

kenapa mereka tidak bisa terbang?

karena segala sesuatu ada batas atas dan batas bawahnya. semuanya punya batasan.

bahkan TV samsung borderless juga ada batasannya.

tidak peduli sekeras apapun usahanya, sampai jungkirbalikbolakbalikpatahtulang, tidak peduli seberapa tulus doa yang dipanjatkan.

ayam dan burung unta (sekali lagi secara harfiah) tidak akan pernah bisa terbang.

langit adalah batasan bagi ayam dan burung unta.

ada hal-hal yang tidak dapat dimiliki.

ada hal-hal yang tidak dapat dilakukan.

tak peduli usaha, tak peduli doa, tak peduli pemikiran positif.

ada hal-hal yang tidak dapat berubah.

2 komentar:

  1. kocak win cerita nya
    tapi makna nya dalam
    sep sep
    keep posting

    BalasHapus